Aku, Vazza dan Tulisanku



Kalau ditanya apa my all-time-fave thing on earth dari dulu jawabanku cuma satu. Kucing. Udah itu aja. Sebenernya, aku pun gatau aku bisa suka kucing mulai kapan dan gimana. Setauku ada foto masa kecilku dulu dimana aku lagi main-main sama kucing dan emang seingetku sejak aku hidup di dunia, dimanapun aku tinggal pasti ada aja kucing yang tinggal di rumah. 

Hidupku yang penuh dengan kucing bikin aku sayang banget sama setiap kucing yang ada. Aku sadar kalo aku sayang banget sama kucing saat aku berumur 10 tahun. Waktu itu adalah saat dimana aku secara ‘intensif’ melihara satu ekor kucing. Di rumahku ada induk kucing yang melahirkan lima ekor kittens. Aku dan adik-adikku langsung ngasih nama kelima anak kucing itu: Batman, Robin, Vazza, Galuh dan Silla. Kucing pertamaku, kucing pertama yang paling manja dan minta banyak perhatianku, namanya Vazza. Dulu, aku gapernah punya kucing ras. Vazza adalah kucing domestik dengan corak van-van bicolor atau berbulu putih dan corak bulat hitam kecil di kepala.

Gak ada yang istimewa dari penampilan Vazza. Tapi satu keistimewaan Vazza yang gapernah aku lupa yaitu, dia selalu bangunin aku untuk shalat subuh. Vazza selalu tidur-tiduran di rambutku yang saat itu tergolong panjang dan terus jilat-jilat mukaku sampe kebangun. Rasa sayangku ke Vazza makin tumbuh dari hari ke hari. Sampe akhirnya suatu malem Vazza kekunci diluar rumah dan tepat malem itu turun hujan deres yang nggak sebentar. Keesokan paginya sebelum berangkat sekolah aku pastiin keadaan Vazza baik-baik aja. Ternyata dia masih doyan makan, masih lincah tapi nggak bangunin aku shalat subuh karena kekunci diluar rumah.

Pulang sekolah tiba-tiba adikku heboh dan bergegas ngasih tau aku “Kak, Vazza mati”. Saat itu yang langsung aku liat adalah tubuh Vazza yang udah kaku terbaring diatas bak cucian. Vazza udah gaada. Aku pun nangis sejadi-jadinya. Itulah pertama kalinya aku merasa rasa sayangku buat kucing begitu besar, walaupun aku masih berumur 10 tahun. Dari situ aku juga jadi belajar tata cara mengurus kucing yang mati. Saat tangisku udah reda, aku pun langsung beranjak ke depan rumah dan metik semua bunga-bungaan yang ada di halaman. Bunga bougenvile, bunga krisan, bunga tai otok (aku gatau nama universalnya) dan bunga-bungaan lain. Aku taburin diatas Vazza yang masih ada di dalem bak cucian. Aku juga pakein kalung pompom warna oren di leher Vazza yang selama hidupnya gamau pake kalung. Terakhir, aku buat pengganti batu nisan untuk di kuburan Vazza dengan nulisin di atas sampul CD saking bingungnya mau ditulisin dimana dan pake apa. Aku nulis sambil nangis juga, Adya Vazza Medina, Lahir : 12-06-2007, Wafat : 05-12-2007. 

Sebenernya rada melankolis sih, tapi itulah yang aku rasain. Dari matinya Vazza aku belajar sabar. Aku baru tau rasanya kehilangan sesuatu yang berharga untuk pertama kali dari Vazza. Aku juga bisa belajar merawat dan menyayangi sesuatu yang ada di sekitarku. Dari Vazza juga, aku dapetin banyak inspirasi. Salah satunya inspirasi untuk nulis ini.

***

Setelah dipikir-pikir kayaknya random banget aku tiba-tiba nulis kaya gini. Mungkin hanya segelintir orang yang tau, kalo hobiku waktu SD selain menggambar yaitu baca dan nulis. Waktu kelas 4 aku sering banget ke perpus sekolah waktu jam istirahat. Kalaupun ke koperasi, aku selalu nyewa novel (yg waktu itu belom masuk ke perpus karena terlalu precious, I think) yang ada disitu. Sampe akhirnya guruku yang jaga perpus bilang “Daripada kamu baca buku terus, coba deh kamu sambil nulis,” disaat aku nyetor buku yang mau dipinjem dari perpus. Dari situ aku terpikir buat ngerealisasiin ide cemerlang dari guruku itu. Sampe akhirnya aku beneran bikin dengan bimbingan guru perpusku itu sampe selesai. Kelas 5 SD novelku dicetak oleh sekolahku dan dibagikan sebagai kenang-kenangan untuk kakak kelasku yang baru lulus SD. 

Suatu hari, salah satu penerbit ngadain talkshow di sekolahku. Selain menggelar seminar, diadain juga lomba menulis cerpen dan puisi. Hadiah bagi para pemenang yakni dengan diterbitkannya hasil karya yang dibuat saat lomba (dibuat kompilasi). Entah kenapa saat itu orang-orang sekitarku mendesakku untuk ikut. Hingga akhirnya dalam keadaan tertekan itu aku nulis cerpen untuk lomba. Suatu sore, teman-teman sekelasku heboh berbondong menuju aula. Baru kutau ternyata sedang ada pengumuman lomba menulis dan setibanya aku disana, namaku kesebut. Aku menang. 

Surprising moment kedua yaitu saat aku tahu bahwa novel karanganku yang diterbitkan sekolah dikirim oleh guru perpusku ke penerbit swasta ternama tanpa sepengetahuanku. Saat itu guruku cuma bilang, “Ini novel kamu lagi dalam proses editing di penerbit, mungkin jadi sekitar 2 atau 3 bulan lagi,”. Aku speechless gatau harus ngapain. Pada akhirnya novel itu memang jadi terbit dan aku dapet salary pertamaku.

***

Sejak terbitnya novel itu, aku ngerasain satu hal yang sedikit mengganjal (mungkin sampai saat ini). People keep asking me ‘bukunya yang lain kapan terbit?’ ‘kok udah ga nulis lagi?’ ‘sekarang lagi sibuk nulis apa?’ or so many things like that. Jaman SMP, aku masih sering nulis walaupun bukan nulis novel or karya fiksi lain. Dari SD, aku seneng banget nulis diary dan terus berlanjut sampe sekarang. Saat SMP adalah saat dimana aku lagi galau-galaunya. Karena saat itu aku ngerasain keterbatasan komunikasi dengan my first crush lol. Kebayang banget waktu dimana aku yang baru aja menjalin sebuah kedekatan (cieileh bahasalu…) sama cowo tiba-tiba harus dipisah karena aku sekolah di boarding school. Mulai saat itu, aku tulis semua kegalauan aku di diary tanpa aku sadar kalo aku berhenti nulis novel lagi. Padahal saat itu ada 3-4 novel yang nasibnya di awang-awang karena ga selesai-selesai (re: karena kemalasan si penulis labil yang lagi galau). Hingga tulisan ini aku publish pun belum jelas nasib novel-novel itu gimana dan dimana.

Waktu berlalu dan sekarang aku duduk di bangku universitas. Di liburan kali ini aku baru sadar, kalau aku gak boleh berhenti menulis. Inspirasi datang dari mana-mana dan yang harus kulakuin cuma nulis dan ngerealisasiin apa yang ada. Jarangnya aku nulis (for real, I mean nulis yang beneran niat nulis) bisa diliat dari blog aku ini. Blog ini pun tercipta karena tugas mata kuliah TIK waktu semester satu aku kuliah, dan sekarang aku berada di awal semester lima. Kebayang seberapa malesnya aku nulis selama ini. Aku juga sadar, dengan jarangnya aku nulis perlahan tata bahasaku mulai gak beraturan. Ditambah saat ini aku jarang banget baca buku. Mungkin dibanding tulisanku waktu SD, tata bahasa di tulisan ini jauh lebih jelek dan gajelas (pasti). 

Makanya, mulai sekarang aku pengen untuk tetep nulis walau cuma hal gak penting kaya gini. Aku juga ga berharap tulisanku dibaca orang, karena yang terpenting aku bisa tetep nulis dan mencoba untuk berbagi pikiran dengan yang lain siapapun itu. Saking bingungnya mau mulai darimana dan gimana, akhirnya aku putuskan buat nulis sumber inspirasi masa kecilku, yaitu kucingku Vazza.

No comments:

Post a Comment

Instagram